CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Rabu, 22 April 2009

(SambaSunda)Gamelan Shokbreker Goncang Norwegia

Kemerduan alunan musik jazz kontemporer yang diusung oleh kelompok Gamelan Shokbreker telah memukau pecinta jazz Norwegia. Anggukan kepala dan tepuk tangan meriah para penikmat musik jazz senantiasa mewarnai setiap penampilan Gamelan Shokbreker pada event Sami Festival di kota Kautokeino (Norwegia Utara) tanggal 7-12 April 2009 dan event National Jazz Scene di salah satu gedung kesenian terkemuka di kota Oslo tanggal 18 April 2009.

Dalam setiap penampilannya, Gamelan Shokbreker yang terdiri dari Patrick Shaw Iversen (Composer, Flutes, Electronics), Peter Baden (Electronics, Percussion), Kenneth Ekornes (Percussion) dari Norwegia, serta Ismet Ruchimat (Gamelan, Suling, Gendang) dan Rita Tila (vocal) dari Indonesia, selalu mencoba memadukan musik tradisional Gamelan Indonesia dengan musik jazz kontemporer yang modern. Lagu tradisional Jawa Barat seperti Es Lilin dinyanyikan dalam alunan musik jazz yang dipercantik dengan dentingan Gamelan Sunda.

Kolaborasi Musisi Norwegia dan Gamelan Shokbreker ini telah terbina sejak tahun 1994 saat Patrick Iversen dan Ismet Ruchimat dengan bantuan fasilitasi KBRI Oslo mulai bekerjasama dan tampil dalam Summer Music Festival di Førde (Norwegia Tengah) dan Oslo World Music Festival di Oslo, serta beberapa penampilan lainnya yaitu Summer Music Festival di wilayah Norwegia Selatan (1997) dan Oslo World Music Festival di Oslo (2006).

KBRI Oslo kembali memfasilitasikan penampilan Ismet Ruchimat dan kelompok Gamelan Shokbreker-nya pada Sami Festival dan National Jazz Scene di Norwegia selama bulan April 2009. Fasilitasi yang sama akan kembali lagi diberikan pada penampilan Gamelan Shokbreker di Norwegia pada Summer Festival di kota Oslo bulan Agustus mendatang.

Alunan musik jazz dengan warna tradisional gamelan khas Indonesia tentunya telah semakin menumbuhkan ketertarikan pencinta musik jazz Norwegia akan kekayaan seni musik Indonesia, yang nantinya diharapkan berdampak positif bagi peningkatan citra Indonesia di Norwegia. (*)

Mau denger musiknya silakan download
Jaleuleuh
Babah Ngawit
Medley tabuh riweuh
sweet talking

Akses http://m.kompas.com dimana saja melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda.

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar